Pengertian, Cara Membuat CV Lamaran Kerja Yang Menarik

Contoh CV | Dalam dunia akademisi, kita sering mendengar kata CV atau Curricuum Vitae. CV atau yang sering disebut sebagai daftar riwayat hidup merupakan salah satu prasyarat yang diajukan oleh perusahaan dalam menerima calon karyawan. Tak hanya untuk melamar pekerjaan, CV juga digunakan sebagai penjelas atau gambaran umum seorang narasumber di dalam seminar - seminar. Karena pentingnya CV, maka banyak orang yang kemudian ingin mengetahui cara membuat CV yang baik.

 Cara Membuat CV Lamaran Kerja Yang Menarik

Pengertian CV sendiri sesuai keterangan wikipedia mangatakan bahwa arti CV adalah surat atau keterangan dalam bentuk tulisan yang berfungsi sebagai gambaran tentang seseorang beserta kualifikasi. Di berbagai negara, CV dijadikan sebagai hal utama dalam melamar kerja. Seorang manajer personalia ingin mendapatkan informasi penting tentang diri pendaftar secara praktis sehingga dengan adanya CV memudahkan para manajer atau penerima karyawan untuk mengetahui kemampuan para pelamar. Karena pentingnya CV ini, jugalah maka anda harus paham betul cara membuat cv yang menarik.


Cara membuat cv yang menarik dapat anda praktikan dengan memperhatikan beberapa hal dibawah ini :
  1. Tuliskan CV dengan bahasa yang singkat, jelas dan padat. Jangan membuat Curriculum Vitae yang bertele - tele karena ada banyak CV yang harus dibaca oleh para penyeleksi.
  2. Gunakan bahasa yang baku. Jangan gunakan bahasa gaul atau singkatan. Perhatikan Ejaan yang tepat karena dari situ anda sudah mulai dinilai kemampuan anda.
  3. Menggunakan kertas ukuran A4 denga margin yang tepat jangan terlalu kepinggir atau menyempit ke tengah. Warna kertas sebaiknya warna putih.
  4. Gunakan Font default seperti times new roman
  5. Tulis kemampuan dan kualifikasi anda dengan detail namun tidak bertele - tele
  6. Jujurlah dengan kamampuan anda, tidak perlu menambah - nambah bidang kualifikasi yang tidak ada kuasai serta usahakan untuk tidak memberikan keterangan yang terlalu muluk - muluk.
  7. Sebaiknya menggunakan tulisan cetak bukan tulisan tangan kecuali dipersyaratkan untuk tulisan tangan.
Dalam  penulisan CV, anda bisa menggunakan format - format yang sesuai dengan keinginan anda. Gunakan format yang tidak telalu mencolok. Sederhana itu lebih baik. 

Jika anda mampu, anda bisa membuat contoh cv yang kreatif sesuai dengan kreatifitas anda. Ini bisa menjadi salah satu nilai plus dalam penilaian. Anda bisa membuat format yang sesuai dan menarik sehingga penyeleksi menyukai tampilan cv anda.

Untuk membantu anda dalam membuat contoh cv yang baik dan menarik silahkan baca artikel - artikel di blog ini yang rencananya akan kami buat dalam beberapa artikel diantaranya :
  • Contoh CV yang baik dan benar
  • Contoh Format CV yang menarik
  • Contoh CV dalam bahasa inggris dll.
Semoga saja artikel tentang cara membuat cv dapat bermanfaat untuk anda. Sehingga anda tidak lagi bingung tentang cara membuat cv lamaran kerja yang menarik. Terima kasih atas kunjungannya.

Subscribe to receive free email updates: